Apa itu CMS (Content Management System)?

Apa itu CMS (Content Management System)?

Content Management System / Sistem manajemen konten  untuk membuat, mengelola, dan mengoptimalkan pengalaman digital pelanggan Anda.

Lebih khusus lagi, CMS adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dalam pembuatan, pengeditan, dan produksi konten digital: halaman web, entri blog, dll. CMS (atau WCM — sistem manajemen konten web) berkembang dari sekadar membantu Anda meluncurkan konten digital ke sistem yang lebih kuat yang merupakan inti untuk mengelola pengalaman digital secara keseluruhan di banyak saluran yang berbeda, seperti email, aplikasi seluler, media sosial, situs web, dan banyak lagi.

Solusi dasar apa pun untuk manajemen konten web membantu Anda mengunggah atau menulis konten, memformatnya, menambahkan berita utama dan gambar, dan melakukan sejumlah hal di belakang layar seperti SEO. Namun di dunia multi-perangkat, berpusat pada pengguna, itu tidak cukup. Pemasaran digital telah berkembang, dengan fokus lebih dalam pada pengalaman pelanggan sambil menggabungkan aplikasi seluler, Internet of Things, dan banyak lagi. Semua itu tergantung pada sistem manajemen konten web yang memisahkan manajemen konten dari presentasi konten.

Apa perbedaan antara CMS dan WCM?

singkat jawabannya, Istilah “Content Management System/sistem pengelolaan konten” dan sistem “Web Content Management/pengelolaan konten web” (WCM atau WCMS) sering kali digunakan secara bergantian, dan tidak ada definisi industri yang jelas yang memungkinkan Anda membedakan satu sama lain.

CMS cenderung menyiratkan pembuatan, pengeditan, dan pengelolaan konten, sedangkan WCM menyiratkan semua itu, ditambah pengelolaan situs web Anda sendiri. Tetapi pada tahun 2018, apakah vendor lebih memilih satu istilah atau yang lain tidak memberi tahu Anda apa yang perlu Anda ketahui, jadi Anda harus melihat di balik terpal untuk melihat apa yang sebenarnya ditawarkan.

Fitur utama dalam solusi CMS / WCM

Kapabilitas penting dalam solusi manajemen konten akan mencakup:

1. Manajemen konten : Bagaimana, dan seberapa mudah, Anda dapat membuat, mengedit, memposting, dan mengelola konten web (termasuk teks, gambar, video, dan audio)?

2. Presentasi : Pelanggan berpindah dari satu perangkat ke perangkat lainnya, dan tidak ada organisasi pemasaran yang dapat berupaya mengoptimalkan setiap posting blog atau halaman katalog untuk laptop, tablet, dan format ponsel pintar teratas. Anda ingin membuatnya sekali dan meminta CMS mengotomatiskan presentasi agar sesuai dengan perangkat.

3. Integrasi : Apakah solusinya holistik, seperti Platform Pengalaman Sitecore, atau apakah itu bergantung pada API untuk menghubungkan konten Anda ke aplikasi lain, seperti alat CRM dan ERP, dan ke platform eksternal penting seperti Facebook? Apakah API yang Anda perlukan tersedia?

4. Perdagangan : Integrasi penting adalah dapat menghubungkan presentasi pemasaran yang dipersonalisasi ke sistem perdagangan digital Anda. Anda tidak dapat mengatasi “perjalanan pelanggan” jika Anda meninggalkan tujuan ini dari peta Anda.

5. Personalisasi : Bisakah itu menargetkan konten yang relevan kepada pengunjung unik, berdasarkan persona, lokasi, atau bahkan secara individual berdasarkan interaksi sebelumnya dengan merek Anda?

6. Analisis : Anda menyajikan konten, tetapi apakah ada yang membacanya? Dan apa yang mereka lakukan selanjutnya? Tuntut visibilitas ke performa sehingga Anda dapat mengoptimalkan upaya Anda dan menentukan ROI.

7. Tata Kelola : Dapatkah Anda menemukan sesuatu setelah Anda mempostingnya? Dapatkah Anda secara ketat mengontrol siapa yang diizinkan untuk menyetujuinya, mengubahnya, menerbitkannya, menghapusnya? Dapatkah Anda mengetahui saat konten sudah tidak berguna lagi?

8. Dukungan multibahasa : Apakah Anda menerjemahkan ke dalam bahasa lain dan menerbitkan secara global? Bisakah solusi mendukung itu?

9. Skalabilitas / Kinerja / Stabilitas : Apakah solusi dapat diandalkan dari sudut pandang teknologi fundamental, dan akankah itu tumbuh dengan kebutuhan organisasi Anda?

10. Dukungan pelatihan / vendor : Solusi WCM semakin kompleks, dengan janji yang semakin besar, tetapi sebagian besar tim membutuhkan bantuan untuk bangkit dan bekerja melampaui tingkat dasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *